SELAMAT DATANG DI kumpulancoding.blogspot.com "TINGGALKAN KOMENTAR ANDA"

Jumat, 10 Februari 2012

memberi warna pada DELPHI

halo semuanya,
ini postingan ke tiga saya tentang delphi, barusan saya pulang dari kampus dan di kampus tadi dosen saya menjelasakan tentang pemberian warna pada form di delphi.
setelah saya coba dan berhasil, saya postingkan disini guna untuk dokumentasi saya sekaligus berbagi dengan teman sekalian.



pertama buat form baru seperti biasa
yang kedua susun sehingga tampak seperti dibawah ini



lalu ubah captionnya untuk form1 = latihan warna
untuk button1 = merah, button2 = biru, button3 = hijau,button4 = kuning, dan button5 = normal
sehingga tampak seperti di bawah ini



lihat apa yang terjadi setelah kita ubah captionnya tadi
bagi yang belum tahu dimana kita harus mengubah captionnya
kalian bisa lihat postingan sebelumnya yaitu di bagian object inspector
dan yang terakhir kita tinggal menulis codingnya saja



diatas cuma contoh satu coding dan untuk tombol warna yang lain kalian hanya cukup menggantikan kata red dengan kata warna yang lain, contohnya untuk warna biru diganti dengan blue dan seterusnya sampai tombo warna kuning.
dan untuk tombol normal ganti kata red dengan "btnface" yang berarti dia akan kembali ke warna semula. contoh pada gambar berikut



setelah itu kalian kembali ke design form dan jalankan program denga F9
maka hasilnya akan seperti ini jika saya menekan tombol merah



semoga bermanfaat
aminnnnn :D

1 komentar:

  1. Lanjutkan coding delphi nya..tertarik nih..sayang dana gk ada buat belajar di kampus..jdi bsa nya googling2 aja...

    BalasHapus