SELAMAT DATANG DI kumpulancoding.blogspot.com "TINGGALKAN KOMENTAR ANDA"

Sabtu, 19 Oktober 2013

Penggunaan FOR di VB 6.0

Sudah cukup lama blog ini mati suri, sekarang mumpung ada waktu saya akan sedikit berbagi dengan yang pernah saya pelajari dulu. kasian kalau ilmu di tampung sendiri. biarpun terkesan ilmu sederhana, tapi mungkin suatu saat ada yang membutuhkan dan menurut dia pasti akan jadi informasi yang sangat-sangat berharga.

baiklah, sedikit basa basi tadi dan sekarang mari kita mulai dengan project kita.
rancang form seperti di bawah ini :




setelah itu buat coding di form load seperti dibawah ini :

Private Sub Form_Load()
    Dim i, t As Integer
    t = DateTime.Year(Now)
   
    For i = 1970 To t
        cboTahun.AddItem (i)
    Next
End Sub


coding di atas menjelaskan bagaimana fungsi dari perintah FOR itu sendiri.
perintah FOR kita gunakan agar kita tidak meng-additem di combo box secara manual sebanyak data yang kita inginkan, Lucu kalau kita tulis coding cboTahun.AddItem sampai sebanyak tahun yang kita inginkan.

setelah itu kalian buat coding :

Private Sub cboTahun_Click()
    txtTahun.Text = cboTahun.Text
End Sub

fungsinya agar tahun yang kita pilih pada combobox terisi atau tertera di textbox disampingnya.
sangat sederhana sekali bukan, dan saya harap kalian semua bisa memahami kata-kata saya yang rumit ini. :) terima kasih

1 komentar:

  1. terima kasih atas ilmunya mas...kapan2 saya mau tanya2 soal vb yach..

    salam
    iven galih

    BalasHapus